Minggu, 16 Oktober 2016

PENGALAMAN SIDANG SARJANA UNIVERSITAS GUNADARMA



Oke, waktunya posting lagi. Kali ini gw mau posting tentang pengalaman gw siding sarjana di Unversitas gunadarma. Cekidot
Setelah berkuliah selama 8 semster akhirnya sampai pada titik dimana gw harus mempertanggung jawabkan hasil belajar gw melalui jalur sdang kompre. Perjalanan di mulai pada tanggal 22 September 2016 gw memberanikan diri untuk mendaftar siding kompre ke loket 15 kampus D. yup setlah mendaftar saya mendapatkan surat jadwal sidang tertulis gw sidang mpada tanggal 29 September 2016. Lumayan kaget karna gw harus mempelajari mata kuliah yang gw pilih TEORI BAHASA DAN OTOMATA, REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1 DAN PEMROGRAMAN WEB.
Langsung ke hari H aja. Gw berangkat dari rumah gw yang berdomisili di bekasi timur jam 05.00 karna pada hari itu hujan turun maka terpaksa gw harus menggunkaan jas ujan ke kamus kenari. Sekitar jam 06.30 gw sampe di kampus. Jam 8 masuk ke ruang brefing di lantai lima untuk mendenganrkan pengarahan dan pembagian kartu sidang yang juga tertera nama-nama dari dosen penguji, begitu nama gw di panggil gw langsung ngeliat nama dosen pnguji gw, dan gw lumayan shock di kala itu.
Sekitar jam 09.30  gw sudah berada di lantai dimana dosen penguji gw berada, pertama gw di uji olh Haryanto. SSi.,MM
Penguji            : mata kuliah apa mas yang sama saya?
Gw                  : teori bahasa dan otomata pak.
Penguji            : coba apa saja yang kamu sudah pelajari!!!
Gw                  : Grammar ,…….(langsung di potong oleh beliau)
Penguji            : Grammar?, grammar itu apa sih mas?
Gw                  : (mikir dulu gw disini dan lumayan lama) grammar itu aturan penulisan pak.
Penguji            : waduh mas masa grammar aja nggak tau mas.
(penguji masih nyecer gw masalah grammar an gw nggak bisa jawab)
Penguji            : kamu kan belajar reori bahasa dan otomata? Nah bahasa apa yang kamu pelajari?
Gw          : (dalam hati mikir “mampus gw”) segala macam bahasa gw jawab, dari bahasa   mesin.bahasa abstarak,bahasa program, dan nggak ada yag bener
Penguji            : terus kegunaan teori bahasa dan otomata pada kehidupan sehari-hari apa mas?
Gw                  : (bener-bener nggak tau gw dang w nggak jawab sama sekali di pertanyaan ini)
Penguji            : oke mas td mas bilang AHN dan AHD ( sebeumnya gw emng ngebahasa ke materi                           itu cuman sama beliau nggak di gubrish) bedanya apa mas?
Gw                  : (gw jawab dengan lumayan lancer).
Penguji            :ywdh mas bolh keluar.
Gw                  : terima kasih pak.
Dan akhirnya gw keluar dengan pasrah, jujur gw udah hoples banget di sini. Dan nggak lama nunggu gw di panggil oleh  petugas untuk masuk untuk di uji oleh Lintang Yuniar B, Dr.,MSc
Penguji             : yak mas silahkan duduk. Rekayasa perangkat lunak 1 kamu mas?
Gw                   : iya bu.
Penguji             : coba RPL itu apa sih?
Gw              : merupakan disiplin ilmu yang membahas tentang pembuatan perlangkat lunak dari tahap analisis sampai tahap maintenance.
Penguji            : oke, tujuannnya apa mas?
Gw                  : mendapatkan PL yang berkinerja tinggi
                          Menghasilkan PL dengan biaya perawatan rendah
                         Menghasilkan PL yang dapat bekerja di berbagai platform
                         Menghasilkan PL dengan biaya produksi Rendah.
Penguji            : oke mas bagus, td kamu bilangkan RPL itu tentang pembuatan aplikasi, terus pda taham pemodelan atau desain alat yang di gunakan apa untuk system berorientasi objek?
Gw                  : (nggak bisa jawab)
Penguj       : make UML mas, tau use case diagram ? coba kamu bikin tentang PL apa aja menggunakan usa case digram.
Gw                  : (nggak bisa jawab, sebenernya gw tau use case itu, cuman beliau bilang “tentang PL apa saja” nah gw baru dengar nih use case tenntang PL, yang gw tau kita ngebuat alur system dari use case itu.)
Penguji            : ywdh mas lanjut ke pak setya aja.

Yup dan gw pun langsuk ke pk setya.Dr
Penguji            : okeh mas, perna buat aplikasi berbasis web?
Gw                  : pernah pak
Penguji            : coba jelaskan tentang aplikasi kamu.!          
Gw                  : (gw jelasin panjang kebar dah tuh)
Penguji            : kamu make bahasa apa mas bikinya?
Gw                  : HTML,PHP dan framework YII
Penguji            : oh make yii. Coba masing masing gunanya buat apa mas?
Gw                  : ( jawab dengan lancer)
Penguji            : kenapa nggak make database mas?
Gw                  : maaf pak nggak keburu, karna ini saya buat untuk projek LAB pak, dan saya juga            masih mesti kerjain projek lab yang lain.
Penguji            : oh gitu, oke deeh. (pokoknya dia nanya tentang cara ngejalanin aplkasinya,di taro dmana, make aplikasi apa, trus mulitiplarform atau nggak)
Gw                  : untuk matkul ini gw jawab dengan lancar semua pertnayaan.

Dan sidang pun selesai pada sekitar jam 11.00, gw pun nunggu hingga pengumuman pada jam 15.00. penguman pun di mulai. Gelombang pertama mulai di panggil satu per satu, gw dengan seksama mendengarkan barangkali nama gw di panggil, setelah sekian lama gw nunggu ternyata nama gw dipanggil.
Setelah cukup lama gelombang 1 pun turun melalui tangga. Dan gelombang 2 pun mulai di panggil, nama gw ada di gelombang ke dua. Setelah semua mahasiswa di panggil dan di kumpulkan di satu ruangan yang menurut gw acnya nggak nyala karna panas banget. Di ruangan itu menjelaskan tentang apa yang di lakukan setelah sidang dan memberitahu bahwa terdapat 3 kategori yaitu LULUS, LULUS BERSYARAT dan TIDAK LULUS. Yap juju raja gw makin tegang. Dan tibanya penghakiman dari mahasiwa yang ada di bagi menjadi 4 kelompok, nama gw pun masuk ke dalam kelompok 3 dan mulai lah pengumuman, yang pertama di umumkan kelomok 1 bahwa lulus dan selanjutnya kelompok 3 yaitu lulus bersyarat kelompok 2 tidak lulus dan kelompok 4 lulus. Karna nama gw berada di kelompok 3 maka status gw lulus bersyarat.
Lansung aje yee, pada hari senin gw langusung ngurus lulus bersyarat gw  dan setalah gw urus gw mendapatkan amplop ya gw sih berharap isinya angpau, hahaha, tapi ya nggak mungkin ya karna gw lagi ngurus lulus bersyarat dan di cover amplop itu tertera nama gw dan nama dosen penguji yang tidak meluluskan gw yaitu ibu lintang yuniar. Dan pada hari itu gw langsung mencari keberadaan bu lintang setalah menunggu beliau berjam-jam akhirnya gw ketemu dang w di suruh membuat makalah tentang mata kuliah yang gw gagal selama 1 semeter dang w mesti sidang ulang pada hari sabtu tamggal 8 oktober 2016. Singkat cerita gw pulang dan langsung membuat makalah dan belajar.
Tanggal 8 okteber 2016 pun tiba dengan pasrah gw jalan menuju kamus kenari dan tiba pada pukul 08.00 dan gw baru sidang pukul 14.00 beliau menanyakan
Penguji            : oke mas tolong jelaskan tentang metode SDLC salah satu aja.
Gw                  : gw ngejelasin dah tuh tentang waterfall.
Penguji            : trus tolong bikin usecase  diagram
Gw                  : gw gambar dah tuh usecase diagram dan gw benar.
Setalah kelar gw langswung menuju lantai 1 untuk menunggu nama gw di panggil. Gw masuk di gelombang ke 2 karna waktu gelombang 1 di panggil gw dalam kondisi sidang.
ALHAMDULILLAH pada sidang yang kedua ini gw dinyatakan LULUS.

Oke guys sekian nih pengalaman sidang gw yang lumayan berliku dan nggak mulus seperti teman-teman gw, hahaha yang penting lulus ya nggak??


0 komentar:

Posting Komentar