Minggu, 28 Juni 2015

SOFTSKILL

SOFTSKILL
YANG SAYA LAKUKAN SELAMA 1 SEMESTER (SEMESTER 6)
Yang saya lakukan selama 1 semester tepatnya pada semester 6 ini banyak saya lakukan mulai dari tugas kampus, jalan-jalan dan masih banyak. Hal pertama yang saya takutkan pada awal-awal masuk semester 6 ini adalah adanya matakuliah yang sudah pasti ada di semester 6 yaitu “PENULISAN ILMIAH”  saya dan teman-teman sudah mulai bingung untuk menentukan judul untuk di berikan kepada dosen pembibing. Terlepas dari matakuliah penulisan ilmiah saya juga harus menjalani praktikum yang sudah menanti, dimana pada semester 6 ini saya menjalani 5 mata praktikum dimana ini sudah ada pengurangan dari semester sebelumnya yaitu sebanyak 7 mata praktikum, dan yang membuat berat dari mata praktikum ini adalah adanya project yang di berikan dari pihak laboratoroum informatika, yaitu project membuat aplikasi berbasis android dan membuat animasi.
Cobaan pertama datang dari matakuliah kuliah penulisan ilmiah dimana saya mendapatkan dosen pembimbing yang mempunyai standar yang cukup tinggi untuk pembuatan aplikasi  dan itu cukup membuat saya dan teman-teman saya khawatir untuk mengajukan judul yang sudah dari awal masuk semester 6 saya pikirkan. dan semua itu terbukti ketika hari bimbinga pun tiba, dosen kami pun di panggil satu persatu untuk memberikan judul yang akan kami buat, dan giliran saya pun tiba, pada saat saya di panggil saya langsung memberikan judul yang telah saya pikirkan, dan benar saja ide yang telah saya pikirkan di tolak mentah-mentah dan itu membuat saya bingung.
            Akhirnya pada bimbingan di minggu ketiga saya sudah mendapakan ide untuk diajukan, pada saat saya mengjukan judul kepada dosen pembimbing saya dan akhirnya judul saya di acc oleh dosen pembimbing. Setalah judul di acc saya segera di minta untuk membuat rancangan aplikasi yang akan saya buat.
            “setali tiga uang” mungkin itulah pribahasa yang tepat untuk menggambarkan kegiatan saya dan teman-tman sekelas saya, selain kita harus mengikuti kuliah setiap harinya saya juga wajb untuk membuat tugas makalah, softskill dan menjalani praktikum dengan project-projecttnya.
            Mata kuliah softskiil pun lumayan menyusahkan,yang biasanya saya hanya membuat paper untuk 1 bulan sekali, pada semester ini saya dan teman-teman saya juga di haruskan membuat gama yang bergente RPG dimana game itu yang nantinya akan di kumpulkan kepada dosen. Ya walaupun judulnya game dikerjakan oleh sekelas tapi kenyataanya yang mengerjakan gamenya hanya beberapa orang. Dan itu sudah pasi terjadi.
            Kita lajut ke praktikum pada praktikum dimana saya menjalani 5 mata praktikum dimana 2 di antaranya adalah project yang harus di selesaikan yaitu IMK(interaksi manusia computer) dan GRAFIK KOMPUTER 2. Awalnya saya dan teman-teman saya sangat pede uttuk menyelesaikan project  IMK karena banyak dari teman-teman dan saya telalu menganggap mudah. Yang pada akhirnya sebagian basar dari teman-teman saya tidak dapat menyelesaikan project tersebut.dan setlah itu saya mempunyai tekad untuk menyelesaikan prject yang kedua yaitu GRAFIK KOMPUTER , karna jarak yang lumayan lama dari siding project IMK maka saya masih mempunyai waktu untuk mencari-cari apa saja yang di perlukan untuk membuat project yag saya butukkan. Dan setelah saya mempunya bahan-bahan saaya mmulai mencba dengan tutorial yang saya daptkan dari mbah gugel alias internet saya mencoba, pada awalnya saya mencoba tidak ada masalah pada saat di pertengahan kendala pun saya temui terjad kesalahan pada project yang saya bikin dan saya tidak mengerti pada bagian mana salah itu terjadi
            Setalah saya sok tahu untuk mencoba-coba lagi dan tetap tidak bisa. Saya langsung mencoba bantukan kepada teman-teman saya dan akhirnya saya dan teman-teman saya memutuskan utuk berkumpul di suatu tempat untuk membahas project ini. Setelah 2 hari 2 malam daya dan teman-temaan saya bahu membahu untuk menyelsaikan project ini akhirya pun terselesaikan ya Waupun hasilnya jauh dari kata memuasskan tapi setidaknya kita sudah menyelesikan project yang menguras pikiran dan tenaga  ini.
            Nah setelah semua hal yang berbau kampus saya dan beberapa temen saya berunding untuk mengadakan jalan-jalan dengan temen sekelas, dengan mempertimbangkan situasi kondisi toleransi jarak dan pandangan saya dan teman-teman saya yang bertindak sebagai TIM RIBET memutuskan untuk pergu ke bagian selatan pulau jawa yaitu pelabuah ratu tepatnya ke desa sawarna yangorang lain bilang biasanya pantai sawarna, padahal sawarna itu adalah nama sebuah desa dengan banyak pantai di desa tersebut. Akhirnya saya mulai meminta pesetujuan kepada teman sekelas untuk melakukan perjalan tersebut, dan teman-teman sekelas pun akhirnyaa setuju dengan ide dari TIM RIBET *perlu di ketahui tim ribet ini aadalah tim yang di bentuk secara sukarelah untuk memperlancar acara jalan2. Dan saya memutuskan untuk memina iuran sebesar 300ribu rupiah yang akan di guanakan untuk akomodasi selama di perjalan. Dan hari utnuk liburan pun tiba, kami perkumpul di satu titik yaitu ruamh teman saya yang tempatnya sangat strategis. Dan kita akhirny jalan dengan 4 buah mobil dan 24 orang yang terbagi di dalam 4 mobil tersebut.
            Perjalan kami mulai pukul 22.00 WIB  dan memakan kita sampai ke tempat tujuan pada pukul 11.30 WIB yang berarti kami memakan perjalanan sekitar 13,5 jam hal itu terjadi karna kami tersesat di daerah sukabumi di karnakaan kami jalan hannya menggunkana feeling supir dan kepercaayan, tetapi semua itu kami jalani dengan senang karna niat kami hanya untuk jalan-jalan rasa lelah seakan menghilang setelah kami semua di ajak ke salah satu pantai yang terdapat di daerah sawarna tersebut namanya pantai pulau manuk, dan kamipun menghiraukan rasa letih dan cape karna begadang dan langsung bemain air di laut hingga matahari tebenam. Selama 3hari 2 malam disana kami mencoba mengexplor keindahhan yang ada di desa sawarna tersebut.



KENDALA YANG SAYA HADAPI
Kendala yang saya dapatkan pada semester ini sebenarnya tidak terlalu banyak namun bobot dari kendala yang saya temui ini lumayan berat dari penulisan ilmiah  kendala yang saya dapatkan ialah mendapatkan dosen pembimning yang lumayan sulit di tambah saya harus berfikir lebih extra utuk mendapatkan ide atau judul yang saya buat untuk penulisan ilmuah
Untuk di bagian praktikum kendala yang saya hadapi adalah kurangnya informasi dan pengetahuan dari diri saya untuk membuat suatu aplikasi sehingga masih harus bertanya kesana kemari untuk menyelesaikan aplikasi tersebutakibat dari kurangnya pengetehuan yang saya punya maka aplikasi yang saya inginkan tidak berhasil di buat di karnakan terlalu banyak bertanya kesana kemari sehingga membingungkan saya untuk memulai pekerjaan dari mana.
Nah untuk kendala yang saya hadapi ketika akan melaksanakan jalan-jalan dengan teman sekelas saya adalah masih butanya saya dan temen-teman saya utuk di daeah tersebut di karnakan belum pernah ada yang kesana.

YANG SAYA INGIN LAKUKAN SELANJUTNYA
Kedepannya saya ingin lakukan tidak lain tidak bukan ialah menyelesaikan kuliah dengan segera dan melanjutkan karir di dunia perkerjaan. Dan tujuan akhir dari perjalan hidup saya adalah membangun sebuah keluarga.



0 komentar:

Posting Komentar