SOFTSKILL
YANG SAYA LAKUKAN SELAMA 1 SEMESTER (SEMESTER 6)
Yang
saya lakukan selama 1 semester tepatnya pada semester 6 ini banyak saya lakukan
mulai dari tugas kampus, jalan-jalan dan masih banyak. Hal pertama yang saya
takutkan pada awal-awal masuk semester 6 ini adalah adanya matakuliah yang
sudah pasti ada di semester 6 yaitu “PENULISAN ILMIAH” saya dan teman-teman sudah mulai bingung
untuk menentukan judul untuk di berikan kepada dosen pembibing. Terlepas dari
matakuliah penulisan ilmiah saya juga harus menjalani praktikum yang sudah
menanti, dimana pada semester 6 ini saya menjalani 5 mata praktikum dimana ini
sudah ada pengurangan dari semester sebelumnya yaitu sebanyak 7 mata praktikum,
dan yang membuat berat dari mata praktikum ini adalah adanya project yang di
berikan dari pihak laboratoroum informatika, yaitu project membuat aplikasi
berbasis android dan membuat animasi.
Cobaan
pertama datang dari matakuliah kuliah penulisan ilmiah dimana saya mendapatkan
dosen pembimbing yang mempunyai standar yang cukup tinggi untuk pembuatan
aplikasi dan itu cukup membuat saya dan
teman-teman saya khawatir untuk mengajukan judul yang sudah dari awal masuk semester
6 saya pikirkan. dan semua itu terbukti ketika hari bimbinga pun tiba, dosen
kami pun di panggil satu persatu untuk memberikan judul yang akan kami buat,
dan giliran saya pun tiba, pada saat saya di panggil saya langsung memberikan
judul yang telah saya pikirkan, dan benar saja ide yang telah saya pikirkan di
tolak mentah-mentah dan itu membuat saya bingung.
Akhirnya pada bimbingan di minggu
ketiga saya sudah mendapakan ide untuk diajukan, pada saat saya mengjukan judul
kepada dosen pembimbing saya dan akhirnya judul saya di acc oleh dosen
pembimbing. Setalah judul di acc saya segera di minta untuk membuat rancangan
aplikasi yang akan saya buat.
“setali tiga uang” mungkin itulah
pribahasa yang tepat untuk menggambarkan kegiatan saya dan teman-tman sekelas
saya, selain kita harus mengikuti kuliah setiap harinya saya juga wajb untuk
membuat tugas makalah, softskill dan menjalani praktikum dengan project-projecttnya.
Mata kuliah softskiil pun lumayan
menyusahkan,yang biasanya saya hanya membuat paper untuk 1 bulan sekali, pada
semester ini saya dan teman-teman saya juga di haruskan membuat gama yang
bergente RPG dimana game itu yang nantinya akan di kumpulkan kepada dosen. Ya
walaupun judulnya game dikerjakan oleh sekelas tapi kenyataanya yang
mengerjakan gamenya hanya beberapa orang. Dan itu sudah pasi terjadi.
Kita lajut ke praktikum pada praktikum
dimana saya menjalani 5 mata praktikum dimana 2 di antaranya adalah project
yang harus di selesaikan yaitu IMK(interaksi manusia computer) dan GRAFIK
KOMPUTER 2. Awalnya saya dan teman-teman saya sangat pede uttuk menyelesaikan
project IMK karena banyak dari
teman-teman dan saya telalu menganggap mudah. Yang pada akhirnya sebagian basar
dari teman-teman saya tidak dapat menyelesaikan project tersebut.dan setlah itu
saya mempunyai tekad untuk menyelesaikan prject yang kedua yaitu GRAFIK
KOMPUTER , karna jarak yang lumayan lama dari siding project IMK maka saya
masih mempunyai waktu untuk mencari-cari apa saja yang di perlukan untuk
membuat project yag saya butukkan. Dan setelah saya mempunya bahan-bahan saaya
mmulai mencba dengan tutorial yang saya daptkan dari mbah gugel alias internet
saya mencoba, pada awalnya saya mencoba tidak ada masalah pada saat di
pertengahan kendala pun saya temui terjad kesalahan pada project yang saya
bikin dan saya tidak mengerti pada bagian mana salah itu terjadi
Setalah saya sok tahu untuk
mencoba-coba lagi dan tetap tidak bisa. Saya langsung mencoba bantukan kepada
teman-teman saya dan akhirnya saya dan teman-teman saya memutuskan utuk
berkumpul di suatu tempat untuk membahas project ini. Setelah 2 hari 2 malam
daya dan teman-temaan saya bahu membahu untuk menyelsaikan project ini akhirya
pun terselesaikan ya Waupun hasilnya jauh dari kata memuasskan tapi setidaknya
kita sudah menyelesikan project yang menguras pikiran dan tenaga ini.
Nah setelah semua hal yang berbau
kampus saya dan beberapa temen saya berunding untuk mengadakan jalan-jalan
dengan temen sekelas, dengan mempertimbangkan situasi kondisi toleransi jarak
dan pandangan saya dan teman-teman saya yang bertindak sebagai TIM RIBET
memutuskan untuk pergu ke bagian selatan pulau jawa yaitu pelabuah ratu
tepatnya ke desa sawarna yangorang lain bilang biasanya pantai sawarna, padahal
sawarna itu adalah nama sebuah desa dengan banyak pantai di desa tersebut.
Akhirnya saya mulai meminta pesetujuan kepada teman sekelas untuk melakukan
perjalan tersebut, dan teman-teman sekelas pun akhirnyaa setuju dengan ide dari
TIM RIBET *perlu di ketahui tim ribet ini aadalah tim yang di bentuk secara
sukarelah untuk memperlancar acara jalan2. Dan saya memutuskan untuk memina
iuran sebesar 300ribu rupiah yang akan di guanakan untuk akomodasi selama di
perjalan. Dan hari utnuk liburan pun tiba, kami perkumpul di satu titik yaitu
ruamh teman saya yang tempatnya sangat strategis. Dan kita akhirny jalan dengan
4 buah mobil dan 24 orang yang terbagi di dalam 4 mobil tersebut.
Perjalan kami mulai pukul 22.00
WIB dan memakan kita sampai ke tempat
tujuan pada pukul 11.30 WIB yang berarti kami memakan perjalanan sekitar 13,5
jam hal itu terjadi karna kami tersesat di daerah sukabumi di karnakaan kami
jalan hannya menggunkana feeling supir dan kepercaayan, tetapi semua itu kami
jalani dengan senang karna niat kami hanya untuk jalan-jalan rasa lelah seakan
menghilang setelah kami semua di ajak ke salah satu pantai yang terdapat di
daerah sawarna tersebut namanya pantai pulau manuk, dan kamipun menghiraukan rasa
letih dan cape karna begadang dan langsung bemain air di laut hingga matahari
tebenam. Selama 3hari 2 malam disana kami mencoba mengexplor keindahhan yang
ada di desa sawarna tersebut.
KENDALA
YANG SAYA HADAPI
Kendala
yang saya dapatkan pada semester ini sebenarnya tidak terlalu banyak namun
bobot dari kendala yang saya temui ini lumayan berat dari penulisan ilmiah kendala yang saya dapatkan ialah mendapatkan
dosen pembimning yang lumayan sulit di tambah saya harus berfikir lebih extra
utuk mendapatkan ide atau judul yang saya buat untuk penulisan ilmuah
Untuk
di bagian praktikum kendala yang saya hadapi adalah kurangnya informasi dan
pengetahuan dari diri saya untuk membuat suatu aplikasi sehingga masih harus
bertanya kesana kemari untuk menyelesaikan aplikasi tersebutakibat dari
kurangnya pengetehuan yang saya punya maka aplikasi yang saya inginkan tidak
berhasil di buat di karnakan terlalu banyak bertanya kesana kemari sehingga
membingungkan saya untuk memulai pekerjaan dari mana.
Nah
untuk kendala yang saya hadapi ketika akan melaksanakan jalan-jalan dengan
teman sekelas saya adalah masih butanya saya dan temen-teman saya utuk di daeah
tersebut di karnakan belum pernah ada yang kesana.
YANG
SAYA INGIN LAKUKAN SELANJUTNYA
Kedepannya
saya ingin lakukan tidak lain tidak bukan ialah menyelesaikan kuliah dengan
segera dan melanjutkan karir di dunia perkerjaan. Dan tujuan akhir dari
perjalan hidup saya adalah membangun sebuah keluarga.
0 komentar:
Posting Komentar