Selasa, 13 Oktober 2015

PERUSAHAAN BERBASIS IT

PT SMARTFREN TELECOM Tbk

PROFIL PERUSAHAAN

PT Smartfren Telecom Tbk (smartfren) awalnya bernama PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) sebelum bulan April 2011. Perusahaan ini awalnya dimiliki oleh PT Global Mediacom Tbk. Namun akibat krisis finansial dan penurunan penjualan produk, maka Perusahaan ini diakuisisi oleh Sinar Mas Group pada bulan November 2011.

smartfren (PT Smartfren Telecom Tbk, pernah dikenali sebagai Mobile-8 (PT Mobile-8 Telecom Tbk)) adalah operator penyedia jasa telekomunikasi berbasis teknologi CDMAyang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (Fixed Wireless Access/FWA), serta memiliki cakupan jaringan CDMA. Smartfren menggunakan teknologi EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) pertama di Indonesia.

Smartfren juga merupakan operator telekomunikasi yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B Phase 2 (setara dengan 3,5G dengan kecepatan unduh s.d. 14,7 Mbps) dan operator CDMA pertama yang menyediakan layanan Blackberry.

Jasa dan layanan smartfren memiliki nilai-nilai (values) yaitu sebagai mitra yang terbaik bagi pelanggan dengan menawarkan solusi yang cerdas dalam layanan-layanan telekomunikasi untuk meningkatkan pengalaman hidup pelanggan dalam berkomunikasi.

Sebagai operator CDMA yang menyediakan jaringan internet kecepatan tinggi bergerak (mobile broadband) yang terluas di Indonesia, Smartfren berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan telekomunikasi yang terjangkau bagi masyarakat dengan kualitas terbaik.

PRODUK YANG DI KELUARKAN OLEH PT SMARTFREN TELECOM Tbk

    ·         Kartu Smart
    ·         Kartu Fren
    ·         Kartu Hepi
    ·         Mobi
    ·         Kartu Smartfren Extra (Smart)
    ·         Kartu Smartfren Extra (Fren)
    ·         Kartu Smartfren LokalPlus
    ·         Kartu Smartfren Social
    ·         Kartu Smartfren IHateSlow
    ·         Kartu Ummat
    ·         HP Smartfren EV-DO XStre@m
    ·         HP Smartfren Jambu
    ·         HP Smartfren Andro
    ·         HP Smartfren Andro Max
    ·         HP Andromax4G LTE
    ·         MiFi Andromax4G
    ·         Kartu Smartfren 4G LTE Advanced
    ·         Modem


PERKEMBANGAN PT SMARTFREN TELECOM Tbk

Teknologi jaringan telekomunikasi memang sudah semakin canggih, termasuk kehadiran 4G Long Term Evolution (LTE). Beberapa perusahan operator telekomunikasi perlahan-lahan belajar mengadopsi teknologi itu. Namun, bukan berarti jaringan CDMA yang notabene sudah tertinggal jauh dari 3G dan 4G tak bisa tetap bertahan.

Namun sebenarnya, perjalanan berliku dilalui oleh Smartfren lebih dulu sebelum ia menjadi satu-satunya operator CDMA yang masih eksis dan terdengar gaungnya hingga sekarang. Bermula pada 2007, Smartfren yang dulunya bernama Smart berdiri dengan menetapkan diri sebagai provider seluler dengan frekuensi 1900 MHz. Setahun setelahnya, Smart langsung mengeluarkan produk berupa ponsel yang juga bisa dijadikan sebagai modem 3G dengan layanan data yang tanpa batas. Meski belum meledak, tapi penetrasinya lumayan hingga modem ponsel Smart cukup dikenal orang.

Pada saat itu Smartfren belum bisa menunjukkan apa-apa. Hingga pada 2010, gelombang ke dua pertumbuhan perusahaan mulai terlihat dengan meluncurkan jaringan dual band 3.5G EVDO Rev B yang pertama di dunia. Tak hanya itu, pada tahun yang sama Smartfren juga mengakuisisi perusahaan operator Mobile 8 sehingga memperbesar aset spektrum yang dimilikinya dengan 4.92 x 4.92 MHz di CDMA 800 dan 6.875 x 6.875 MHz di PCS 1900.

Setahun setelahnya, yakni 2011, Smartfren kembali membuat gelombang perubahan dengan penetrasi pasar telekomunikasi di Indonesia dalam penggunaan data. Pada saat itu Smartfren meluncurkan dongle modem dan berhasil mendapat pangsa pasar sebanyak 47 persen dalam waktu 24 bulan. "Pada saat itu modem ini jadi modem sejuta umat yang digunakan orang dengan kampanye kami, yaitu I Hate Slow," kata Sukoco Purwokardjono, Head of Smartphone PT Smartfren.

Dan pada 2013 Smartfren kembali menggebrak pasar dengan memperluas bisnisnya ke pasar smartphone beserta layanan operator. Ya, ponsel Smartfren seri Andromax yang berhasil melekat di benak orang. Pangsa pasarnya bisa mencapai 10 persen hanya dalam 16 bulan. Hingga di tahun 2014 ini, Smartfren sebagai perusahaan operator CDMA masih bisa bertahan di tengah gempuran teknologi LTE operator GSM. Perusahaan operator CDMA yang tetap bertahan ini akan memperkuat brand lokal untuk pasar smartphone.

NAMA  : RIFQI RHAMDANI TOHIR
NPM     : 56412360
KELAS : 4IA21

SUMBER
https://id.wikipedia.org/wiki/Smartfren
http://techno.okezone.com/read/2014/02/07/54/937295/sepak-terjang-smartfren-di-industri-telekomunikasi
http://chyntiayp.blogspot.co.id/2013/10/profil-perusahaan-ptsmartfren.html


0 komentar:

Posting Komentar